Tips Desain Rumah Minimalis Bergaya Joglo Modern

Tips Desain Rumah Minimalis Bergaya Joglo Modern
Lifestyle

Rumah joglo merupakan rumah adat dari Jawa. Rata-rata, desain rumah ini mengandalkan lahan yang luas. Namun, ternyata Anda bisa memiliki rumah modern dengan gaya joglo minimalis. Salah satu kunci dari minimalis adalah “multifungsi”. Jadi, temukan inspirasi rumah joglo minimalis berdasarkan tips-tips berikut ini.

Buat Ruang Kerja yang Dikelilingi Dinding Kaca

Elemen khusus seperti dinding kaca selalu memiliki makna modern. Penempatan elemen kaca ke berbagai bidang hampir selalu memberi kesan seperti itu. Sekarang ini, dunia tidak melulu harus tentang pekerjaan yang hanya bisa dikerjakan di kantor. Sekarang sudah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah pribadi. Salah satunya adalah freelancer.

Konsep rumah joglo minimalis juga bisa diterapkan dan serasi ketika digunakan sebagai tempat kerja. Seorang freelancer memiliki karakter bebas, fleksibel, dan reflektif. Oleh karena itu, adanya dinding kaca mampu merefleksikan karakter tersebut. Ketika siang hari, hari-hari bekerja di rumah lebih nyaman karena bisa memandang suasana asri di luar.

Bikin Taman-Taman yang Serba Hijau di Luar Rumah

Ketika membahas tentang rumah joglo, apa yang ada di benak Anda? Asri, alami, natural, dan mencerminkan pedesaan? Kalau iya, maka tepat kalau Anda bikin taman-taman serba hijau. Keberadaan taman ini akan menyegarkan mata. Meski Anda bikin rumah bergaya joglo ini di kota-kota, tetap ada kesan asri dan ngangenin ketika ditinggal keluar.

Luas Area dan Pembagian Ruangan

Desain rumah minimalis bergaya joglo juga harus dipikirkan betul-betul saat Anda hendak membagi lahan untuk ruangan demi ruangan. Kalau rumah joglo terkenal dengan ruangan dan teras luas, tadi sudah dipangkas dengan adanya dinding dari kaca. Soal pembagiannya sih sama dengan rumah biasa sebetulnya. Ada kamar mandi, kamar tidur, ruang pribadi, dll.

Untuk rumah minimalis bergaya joglo, ukuran 225 meter persegi masih memenuhi syarat. Sekalian di sebelah rumah bisa dibikin kolam renang kecil untuk bersenda gurau bareng anak-anak. Meski ukurannya kurang dari 225 meter persegi, tetap bisa bikin ruang khusus untuk tamu seandainya mau menginap. Lengkapnya, konsultasikan ke desainer saja.

Manfaatkan Dinding untuk Bikin Ruangan Lebih Artistik

Konsep atau desain rumah minimalis bergaya joglo tetap harus mengutamakan hiasan dinding dari adat Jawa. Banyak kok koleksi kesenian yang berasal dari Jawa. Mulai dari batik, keris, lukisan, dan lainnya. Ruangan yang memiliki hiasan berupa koleksi kesenian akan tampak lebih antik daripada ruangan biasa.

Begitu Anda maupun tamu memasuki rumah, terasa betul kenyamanannya. Dari segi tampilan lebih lega karena ke mana pun mata memandang, hanya ada hal-hal serba indah. Lebih keren lagi kalau sehari-harinya diiringi dengan musik khas Jawa. Misalnya gamelan, tembang Jawa, atau suara-suara burung pun masih relevan.

Pilih kayu Berkualitas yang Minim Ukiran

Rumah joglo sepenuhnya terbuat dari kayu. Namun khusus untuk rumah joglo modern, ada perpaduan antara kayu dengan dinding beton. Pada proses pemilihan kayu, usahakan ambil yang minim ukiran. Siapa tahu ketika dipasang, Anda mau menggunakan tema lukisan yang mencerminkan peradaban Jawa. Kalau sudah ada ukirannya, tidak bisa berbuat banyak lagi.

Kemudian untuk perkakas yang mengisi ruangan, pilih dari bahan berkualitas. Misalnya mebel, kursi kayu, atau mungkin gantungan baju. Material kayu yang ringan juga bisa menambah kesan modern. Apalagi kalau diwarnai dengan kombinasi yang pas.

Jika Anda saat ini tengah mencari ahli desain rumah bergaya joglo minimalis, kunjungi saja situs resmi Arsitag. Situs tersebut berisi banyak sekali desainer, arsitek, dan atau pihak-pihak yang ahli di bidang jasa properti. Proses pemesanan jasa di sana sangat mudah dan aman. Soalnya Arsitag hanya memasukkan kalangan ahli yang punya kredibilitas bagus saja.

shares