Selain Turunkan Berat Badan, Inilah Manfaat Lain Diet Keto

Selain Turunkan Berat Badan, Inilah Manfaat Lain Diet Keto

Diet keto dikenal dengan aturan ketatnya dalam mengurangi jumlah karbohidrat dan zat gula dan meningkatkan asupan lemak baik. Sumber energi tubuh menjadi berasal dari lemak baik tersebut. penurunan berat badan yang drastis sering menjadi tujuan utama melakukan diet ini. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa banyak manfaat ampuh lainnya? Inilah beragam manfaatnya.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kesehatan kulit yang sering menghampiri dan sangat mengganggu kenyamanan. Menurut penelitian, salah satu penyebab jerawat adalah banyaknya mengonsumsi karbohidrat. Kandungan minyak berlebih pada kulit juga memicu munculnya jerawat.

Dengan menurunkan konsumsi karbohidrat dan hanya mengijinkan konsumsi lemak baik, program diet ketogenik mampu mengatasi jerawat. Wajah akan lebih cerah dan bersih karena jerawat bisa diatasi dan dicegah.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Sesuai prinsipnya, diet ketogenik mampu mengontrol kalori dan zat gula dalam tubuh. Sumber energi yang semula berasal dari karbohidrat dan gula juga beralih ke lemak baik. Pemecahan lemak menjadi senyawa keton ini ternyata mampu menjadi sumber energi otak yang lebih tahan lama. Itulah mengapa diet ketogenik justru mampu meningkatkan konsentrasi.

  1. Mencegah Diabetes

Seperti yang diketahui, pembatasan konsumsi gula yang menjadi prinsip diet keto ini sudah pasti mampu mencegah diabetes. Kadar gula seseorang yang menjalankan diet ketogenik akan terkontrol dalam batas normal diikuti dengan pengurangan karbohidrat yang nantinya diolah menjadi glukosa. Karenanya, pengurangan kadar gula dalam darah sangat efektif melalui diet ini.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Risiko penyakit jantung dapat dikurangi melalui program diet ketogenik. Hal ini dikarenakan aturan dietnya yang hanya memperbolehkan mengonsumsi lemak sehat. Karenanya, kolesterol akan menurun akibat kadar insulin menurun. Kondisi ini akan menekan risiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

  1. Mengurangi Risiko Gangguan Sistem Saraf

Berkaitan dengan kesehatan tubuh, diet ketogenik ternyata mampu mengurangi risiko gangguan pada sistem saraf. Diet ini dipercaya bermanfaat menangani gangguan saraf, di antaranya gangguan tidur, alzheimer, juga penyakit Parkinson. Hal ini bisa terjadi karena senyawa keton yang sangat ampuh menutrisi otak, sehingga mampu melindungi sel otak dari kerusakan.

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Tahukah Anda jika kesuburan wanita bisa ditingkatkan melalui diet ketogenik ini? Fakta ini memang benar adanya. Berdasarkan studi dari Journal AACE Clinical Case Reports pada tahun 2018, diungkapkan bahwa diet ketogenik dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Sebabnya adalah bahwa penurunan berat badan pada wanita dapat melancarkan siklus menstruasi dan membuat sistem di dalam tubuh jadi lebih sehat dan optimal, termasuk proses ovulasinya. Kesimpulannya, wanita yang berat badannya ideal dengan nutrisi yang cukup, akan lebih tinggi tingkat kesuburannya.

Ternyata, manfaat diet keto sangat beragam yaitu mulai dari mencegah berbagai gangguan kesehatan sampai meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini membuktikan bahwa program diet ketogenik ini sangat efektif menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga kadar gula dan kolesterol yang merupakan ibu dari segala jenis penyakit. So, sudah yakin memilih diet ketogenik, bukan?

Back to Top
shares