Kenali Tanda Melahirkan Pada Kehamilan Pertama yang Jarang Disadari

Kenali Tanda Melahirkan Pada Kehamilan Pertama yang Jarang Disadari

Hamil menjadi momen istimewa untuk setiap perempuan yang sudah menikah. Perubahan hormon akan terjadi selama 9 bulan. Suami senantiasa berada disamping dan menjaga Anda beserta si jabang bayi. Kebiasaan ini penting dilakukan untuk para suami agar mengetahui tanda melahirkan pada istri. Ketika perempuan hamil dia akan lebih mudah sensitif. Hal tersebut terjadi karena terdapat perubahan hormon secara signifikan. Kejadian-kejadian seperti itu harus dipahami suami agar istri dan bayi dalam keadaan baik selama proses persalinan.

Proses kehamilan terjadi selama 9 bulan 10 hari. Ada juga beberapa wanita yang melahirkan sebelum waktunya. Kondisi tersebut membuat bayi lahir prematur. Banyak sebab yang melatarbelakanginya. Namun, yang terpenting wanita hamil memerlukan dukungan dari orang-orang terdekat. Terutama dari sang suami. Maka dari itu, ada baiknya suami terus menjalin komunikasi yang baik dengan istri. Tidak lupa berikan asupan makanan dan minuman sehat untuk mendukung pertumbuhan janin sekaligus menjaga kesehatan sang ibu.

Ibu hamil memerlukan zat gizi lebih banyak. Perbedaan itu terjadi karena keberadaan janin yang juga membutuhkan asupan. Sehingga pertumbuhan bayi bisa terjadi dengan sempurna sesuai yang diinginkan. Makanan bergizi tidak harus mahal. Sebab dalam kenyataannya makanan bergizi bisa dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Contoh, tempe tahu dengan kandungan protein nabati tinggi. Berperan penting dalam menjaga metabolisme pada tubuh. Berbagai gizi yang dibutuhkan ibu hamil. Seperti:

  1. Vitamin.
  2. Mineral.
  3. Protein.
  4. Karbohidrat.
  5. Lemak.
  6. Kalsium.

Beberapa gizi di atas menjadi kebutuhan ibu hamil. Asupan yang tepat tidak hanya berguna untuk ibu namun juga sangat bermanfaat bayi dalam proses pertumbuhannya. Bagi para suami tugas tersebut menjadi tanggung jawab yang mesti dipenuhi. Selain itu, selalu beri waktu pada istri untuk menjalin komunikasi dengan baik. Berikut dibahas mengenai tanda melahirkan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Yaitu:

  • Perubahan Posisi Bayi

Perubahan posisi ini terjadi 4 minggu sebelum kelahiran. Biasanya ibu hamil merasakan dengan sendiri kepala bayi berada di bawah, sedangkan kaki di atas. Ada juga beberapa ibu yang merasakan tanda tersebut beberapa jam sebelum persalinan.

  • Pelebaran Leher Rahim

Selanjutnya leher rahim mulai membuka. Tanda itu terjadi beberapa minggu sebelum proses kelahiran. Anda tidak perlu khawatir karena semakin mendekati hari persalinan. Maka secara otomatis leher rahim akan membuka dengan cepat.

  • Menipisnya Leher Rahim

Selain terbukanya leher rahim, tanda mendekati kelahirannya ialah mulai menipisnya leher rahim. Kondisi tersebut menunjukan bahwa bayi sudah berada posisi yang tepat.

  • Keluarganya Cairan

Ciri lain yang juga penting adalah mulai keluarga cairan dari vagina yang mirip dengan keputihan. Bedanya lebih kental. Cairan ini akan keluar bersamaan dengan mulai terbukanya vagina.

Mayoritas perempuan yang sudah menikah akan mengalami fase menakjubkan ini. Tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Sebab, semua proses berjalan sesuai arahan dari para profesional. Mental kuat tidak hanya dibutuhkan sang ibu. Namun, suami juga harus memberikan support besar untuk memberikan dukungan pada istri. Semakin bagus ketika Anda selalu berada di sampingnya.

Tanda melahirkan bisa saja sama antara satu perempuan dengan perempuan lainnya. Namun, poin penting yang harus digaris bawahi ialah tidak boleh panik dalam menghadapinya. Apalagi jika ini menjadi momen pertama bagi Anda. Usahakan tetap tenang sedangkan bagi suami segera rujuk istri ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan yang tepat.

Back to Top
shares