Bagian Penting untuk Dapat Membentuk Smart City

Bagian Penting untuk Dapat Membentuk Smart City

Setiap negara sudah memiliki smart city yang dibentuk dan dijalankan. Di Indonesia upaya itu juga dilakukan. Hanya saja tidak mudah untuk dapat wewujudkannya. Perlu persiapan yang matang untuk bisa menjalankannya. Ini bagian penting yang perlu dipertimbangkan untuk dapat membentuk kota yang smart.

  1. Ekonomi

Ekonomi merupakan bagian penting untuk dapat membentuk kota yang smart. Komponen yang menjadi bagian dari ekonomi adalah kemampuan melakukan inovasi, kemampuan wirausaha, dan kemampuan masyarakat yang produktif.

Ketika sebuah kota sudah memiliki komponen ini, maka membentuk kota yang smart dapat mulai dilakukan. Bagian ini akan menjadi dasar pertimbangan untuk mewujudkannya. Ketika sebuah kota belum memiliki hal ini artinya belum ada kesiapan mendasar dari kota tersebut untuk bisa menjadi lebih baik.

  1. Sosial

Bagian selanjutnya yang menjadi pertimbangan untuk terbentuknya smart city adalah sosial. Adapun yang dimaksud dengan social adalah masyarakat di kota tersebut sudah memiliki kualifikasi yang memenuhi syarat. Kualifikasinya adalah sudah adanya terlihat kemampuan masyarakat untuk selalu belajar. Hal ini bisa dilihat dari minat baca di kota tersebut.

Ketika masyarakatnya sudah memiliki minat baca yang tinggi tentu saja hal itu berbanding lurus dengan minat belajarnya. Setelah itu, lihat sudahkah masyarakatnya memiliki ciri-ciri kreatif untuk mengembangkan ide. Bisa dilihat dari kreatifitas kerajinan tangan atau kegiatan apapun yang kerap dilakukan di kota tersebut.

Selanjutnya yang dilihat dalam bagian sosial adalah partisipasi masyarakatnya dalam kegiatan publik. Dilihat dari iikutsertaan masyarakat di setiap kegiatan yang diadakan oleh pemerintah. Lalu, bagian ini juga dapat dilihat dari seberapa besar masyarakat itu mampu fleksibel dalam menerima sebuah ketetapan atau kondisi.

  1. Pemerintahan

Tidak hanya pada masyarakat, bagian pemerintahan juga menjadi pertimbangan. Pada bagian ini yang dilihat seberapa besar peran pemerintah daerah tersebut berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Tingkat instansi pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik sudah dapat dikatakan memenuhi kriteria memuaskan atau belum.

Hal yang terpenting dari pelayanan yang diberikan adalah sudah berjalan dengan birokrasi yang transparan dan tidak menyulitkan. Dalam hal ini tentu saja yang dapat dimintai keterangan adalah masyarakat setempat yang dipilih secara acak. Komponen yang penting dalam bagian pemerintahan adalah mempunyai strategi dan pandangan politik bermanfaat bagi khalayak.

  1. Mobilitas

Bagian yang juga tak kalah penting untuk menjadi pertimbangan adalah dari sisi mobilitas. Akses untuk masuk ke daerah tersebut dapat memudahkan pada pendatang atau wisatawan yang berkunjung. Hal ini dapat dinilai dari transportasi yang tersedia dengan aman dan dapat mendukung setiap perjalanan yang akan dilakukan.

Artinya tidak kesulitan dalam mencari transportasi untuk menuju ke suatu tempat pada daerah tersebut. Ada banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan. Biaya pun tidak mencekik para wisatawan atau pun masyarakat setempat.

  1. Sumber Daya Alam

Bagian berikutnya yang menjadi pertimbangan adalah melihat bagian sumber daya alam. Sebuah kota yang akan dijadikan kota smart mempunyai daya tarik pemandangan yang atraktif. Kota yang bebas dari polusi udara ataupun polusi lain, seperti limbah. Sumber daya ala minim pun akan terus ada tanpa kepunahan. Bahkan dapat menjadi sebuah mata pencarian masyarakat.

Tidak semua kota dapat diwujudkan menjadi smart city melihat dari bagian-bagian yang telah disebutkan di atas. Dalam hal ini perlu peninjauan yang cermat sebelum pengambilan keputusan. Jika memerlukan bantuan bisa menggunakan jasa dari Lintasarta yang dapat membantu untuk menemukan solusi agar bisa membentuk kota yang smart.

Back to Top
shares